Tips Saat Anda Ingin Melamar Kerja

Tips Saat Anda Ingin Melamar Kerja

Actionpal –┬áSetelah lulus dari sekolah atau universitas, setiap orang mengharapkan untuk segera diterima bekerja di suatu perusahaan dan dapat mengembangkan karirnya. Sayangnya, kenyataan mencari pekerjaan tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Ada yang harus menunggu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dan belum bisa mengetahui apakah mereka diterima bekerja atau tidak.

Tentu saja, menunggu pekerjaan sangat melelahkan dan membosankan, bukan? Ditambah lagi, ketika Anda harus melamar pekerjaan di banyak tempat sekaligus, kewarasan Anda pasti sudah tidak aman lagi. Gejala stres bahkan mungkin mulai muncul dan memengaruhi suasana hati Anda.

Setiap orang pasti pernah melalui masa-masa melamar pekerjaan dan itu bukanlah hal yang mudah. Miskin dalam manajemen waktu dan strategi, pikiran bisa goyah dan akhirnya bisa berdampak buruk bagi semua orang.

Meski tidak mudah, Anda tetap harus semangat melamar pekerjaan karena tidak ada yang tahu seperti apa peluang yang akan datang. Selain itu juga demi kehidupan di masa depan untuk bersinar lebih cerah, bukan?

Bagi Anda yang masih berjuang mencari pekerjaan, simak tips cerdas mengelola strategi lamaran kerja berikut agar tubuh dan pikiran Anda tetap kuat.

1. Buat daftar tugas atau jadwal harian yang jelas

Agar semua kegiatan lebih tertata dengan baik, ada baiknya untuk membuat jadwal kegiatan yang lebih jelas untuk esok hari. Rencanakan apa yang ingin Anda lakukan atau lakukan besok.

Misalnya, jika Anda ingin mencari lowongan, apa yang harus Anda lakukan? Atau jika ingin mengikuti webinar, siapkan apa saja yang dibutuhkan dan jangan lupa daftarkan waktu acaranya.

Dengan cara ini, itu akan membantu mentalitas menjadi lebih terorganisir, untuk menghindari situasi kelelahan. Pada dasarnya semua orang bisa melakukan apa saja, tapi tidak semuanya bisa diatur.

2. Tentukan target lowongan yang akan dilamar

Terkadang ada begitu banyak pekerjaan yang datang sekaligus dan Anda ingin melamar ke semua tempat ini. Tapi lain hari, Anda tidak tahu harus pergi ke mana untuk melamar pekerjaan karena tidak ada satu pun lowongan.

Bahkan, tidak ada kepastian tentang lowongan dari waktu ke waktu. Semuanya dipengaruhi oleh kebutuhan perusahaan atau pemberi kerja. Nah, Anda bisa menargetkan lowongan pekerjaan yang memang ingin Anda sertakan dalam lamaran Anda. Misalnya dari 5 aplikasi per hari menjadi 7 aplikasi per hari.

Terlepas dari jumlah aplikasi, pastikan untuk menargetkan sebanyak yang Anda bisa. Mencoba itu wajib, tapi kamu tidak perlu memaksakan diri jika tidak bisa.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang lowongan kerja terbaru, Anda dapat mencari di jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, dll. Atau di situs lowongan kerja seperti Jobstreet, Jobs.id dan lain-lain. Kemudian, catat informasi dan kualifikasi yang diperlukan secara detail pada daftar jadwal yang telah dibuat sebelumnya.

3. Buat skala prioritas

Bahkan jika Anda seorang pencari kerja, Anda juga harus memiliki prioritas dalam menentukan jenis pekerjaan yang akan dilamar. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok yang masih berlaku atau terbuka. Pertama, memesan tawaran pekerjaan yang ada dari awal masa berlakunya, sehingga lebih terorganisir.

Jika lowongan pekerjaan akan segera ditutup, Anda harus melamar terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda menjadi lebih efisien dalam manajemen waktu dan mengatur aktivitas aplikasi dengan lebih baik.

4. Daftar langsung di situs

Saat ini, melamar pekerjaan tidak hanya harus dilakukan melalui email, karena banyak perusahaan telah mulai memposting lowongan pekerjaan di situs web khusus pekerjaan.

Untuk lebih menghemat waktu, tenaga dan pikiran, ada baiknya mencoba mendaftarkan pekerjaan melalui situs-situs tersebut. Apalagi di era digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, sepertinya melamar pekerjaan melalui website jenis ini jauh lebih nyaman, dan juga mudah digunakan.

Pastikan Anda memilih situs web yang memiliki reputasi baik yang memiliki rekam jejak yang baik dan bukan scam. Pasalnya, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi, jika website yang Anda pilih ternyata palsu bisa sangat merugikan Anda. Karena itu, berhati-hatilah dan jangan terburu-buru memposting pekerjaan di situs yang tidak dapat diandalkan.

Referensi:

Blitarkota

gaji penyiar radio