Fungsi dan Penyebab Kapasitor AC Rusak

Fungsi dan Penyebab Kapasitor AC Rusak

Actionpal –┬áJika komponen ini rusak, maka AC tidak akan bekerja secara maksimal bahkan mungkin tidak akan menyala. Apa sebenarnya fungsi kapasitor? Mengapa peran Anda begitu penting bagi AC?

Fungsi Kapasitor

Fungsi kapasitor untuk AC dengan motor kecil (kurang dari 3 PK dan satu fasa) adalah sebagai penggerak utama atau starter kompresor. Saat mesin AC bekerja, kapasitor mulai mengisi ulang energi yang sebelumnya digunakan untuk menyalakan mesin AC. Secara konseptual, kapasitor memiliki fungsi yang hampir sama dengan baterai.

Sedangkan ukuran kapasitor disesuaikan dengan ukuran kompresor. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apakah kapasitor yang akan Anda beli kompatibel dengan kompresor AC.

Penyebab Kapasitor AC Rusak

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri yang menandakan kapasitor AC rusak, fakta yang tak kalah pentingnya adalah Anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab kerusakan kapasitor.

1 Kamar terlalu panas

Umumnya kita memasang AC untuk mendinginkan ruangan. Tetapi Anda juga harus tahu bahwa arus bolak-balik sebenarnya adalah perangkat elektronik yang sensitif terhadap suhu tinggi. Oleh karena itu, pastikan AC selalu berada di tempat yang teduh dan pastikan juga suhu di tempat tersebut tidak ekstrim. Saat kondisi sekitar terlalu panas, AC juga akan bekerja lebih keras.

Semakin keras komponen AC bekerja untuk mendinginkan ruangan, maka semakin cepat pula AC tersebut mengalami masalah seperti keausan. Bisa juga ada kerusakan pada kondensor.

2. Tegangan kompresor berbeda

Kapasitor AC tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Begitu pula tegangan pada AC juga tidak sama antara AC satu dengan AC lainnya. Namun tidak sedikit orang yang membeli kapasitor tanpa memperhatikan apakah kapasitor tersebut sesuai dengan tegangan AC yang dibutuhkan atau tidak.

Jika kapasitor ditemukan menghasilkan tegangan yang lebih rendah, itu akan menghasilkan tekanan yang jauh lebih tinggi. Oleh karena itu umur kapasitor tidak akan lama karena mudah rusak.

3. Penggunaan berlebihan

Salah satu kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak kapasitor adalah penggunaan listrik AC secara berlebihan. Kuncinya adalah mereka tidak membiarkan Anda menyalakan AC sepanjang hari tanpa henti. Secara umum juga tidak mematikan AC. Karena? Karena ketika listrik AC dinyalakan kembali, mesin akan mengeluarkan banyak daya.

Pastikan Anda memiliki waktu yang teratur untuk menghidupkan dan mematikan AC. Hal sederhana ini mempengaruhi umur AC, terutama pada bagian kapasitor.

Demikian informasi penting mengenai fungsi dan cara mencirikan kapasitor yang rusak. Padahal, kapasitor dirancang untuk digunakan dalam waktu lama. Tapi tetap saja, kita tidak bisa menghindari masalah pada komponen AC. Termasuk bagian kapasitor. Jadi Anda harus tetap waspada dan ingat untuk sering memeriksa kapasitor dan bagian AC lainnya.

Sumber: https://www.kelasplc.com/